Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 12 Oktober 2008

Kita Sang Juara

Sering kita sebagai orang tua terheran – heran, dengan nilai rapor matematika anak kita yang tidak beranjak dari bebek berenang atau kursi kebalik, padahal sudah les sana les sini, bimbel sana – bimbel sini, atau orang tua yang mengharapkan anaknya pandai bermain piano atau biola tetapi ternyata anaknya lebih memilih bermain kelereng dan petak umpet.

Yang terjadi kemudian adalah pemutaran historis orang tua , “ Nak, dulu Bapak ini tidak pernah lepas dari lima besar di sekolah, coba lihat ini rapor Bapak.” - dengan sedikit menyembunyikan fakta bahwa bapaknya dulu juga suka bolos sekolah dan sering memberi gratifikasi kepada guru untuk mendongkrak nilai - , “Kamu harus bisa mencontoh prestasi Bapakmu ini “.

Adalah sebuah fakta bahwa kita terlahir di dunia, sebagai makhluk ciptaan- Nya yang sempurna . Manusia diciptakan dengan proses yang luar biasa. Sadarkah kita bahwa untuk menjadi embrio manusia, jutaan spermatozoa dari ayah kita harus bersaing dan bertahan hidup untuk hanya membuahi satu sel ovum dalam ovarium ibunda kita ?. Sebuah persaingan luar biasa melebihi persaingan Ujian Saringan Masuk (USM) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dan ternyata dengan ijin yang maha kuasa sebuah spermatozoa berhasil membuahi ovum dan itulah kita . LUAR BIASA. Dan ternyata manusia sudah juara sejak proses penciptaannya.

Jadi kesimpulannya adalah tidak ada anak yang bodoh, semua anak pandai di bidang masing – masing. Sistem pendidikan kitalah yang memberikan parameter yang kurang tepat. Semua anak diukur dengan parameter yang sama padahal manusia diciptakan masing – masing dengan kelebihannya. Ada manusia seperti Mahar - dalam novel Laskar Pelangi - yang meluap – luap otak kanannya dan ahli luar biasa dalam seni, atau Lintang – dalam novel yang sama- yang luar biasa dominan otak kirinya dan mampu menyelesaikan hitungan soal differensial dan integral dalam hitungan detik dan mereka semua adalah JUARA

Tidak ada komentar:


ShoutMix chat widget