Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 06 Mei 2010

Firasat

Kota Madinah nan indah, penduduknya aman dan damai walaupun terdiri dari berbagai macam penganut agama,mereka diikat dengan piagam perjanjian Madinah, sebuah perjanjian untuk saling menjaga, menghormati dan memberikan perlindungan.

Siang itu Baginda Rosulullah SAW bertamu ke rumah salah satu penduduk yahudi bani nadhir untuk suatu keperluan. Namun ketika telah sampai ke depan rumah tersebut, hati baginda sangat gelisah, perasaan beliau sangat tidak enak, hati baginda gundah gulana, sehingga langkah kaki begitu berat untuk masuk ke dalam rumah tersebut. Ada apakah gerangan ?

Baginda Rosulullah SAW akhirnya memutuskan untuk segera bergegas meninggalkan rumah tersebut sebelum tuan rumah datang menghampiri.

Malam sebelum peristiwa itu, sekumpulan tokoh yahudi bani nadhir berencana untuk membunuh Rosulullah SAW dan akan memberikan hadiah yang besar kepada siapa saja yang berhasil melakukannya. Maka tampilah seorang pemuda yahudi bani nadhir yang akan merencanakan pembunuhan terhadap baginda. Pemuda yahudi ini berencana untuk menimpakan batu besar di atas kepala baginda ketika baginda bertamu pada keesokan harinya.

Nsmun ternyata rencana busuk ini dimentahkan oleh Allah SWT

Betapa dukanya hati baginda nabi setelah mengetahui rencana bani nadhir tersebut. duka yang begitu mendalam, karena selama ini Rosulullah SAW bersikap baik terhadap mereka, tidak pernah mengusik mereka, bahkan memberikan perlindungan kepada mereka

Bagindapun akhirnya menemukan jawaban kegelisahan dan kegundahan hatinya ketika berkunjung ke salah satu rumah yahudi bani nadhir waktu itu, ya sebuah jawaban kenapa langkah kaki beliau begitu berat untuk memasuki rumah tersebut, ternyata di atap rumah tersebut telah bersiap seorang pemuda yahudi bani nadhir dengan sebuah batu besar yang akan ditimpakan ke kepala beliau.

peristiwa itulah yang kemudian menjadi asbaabunnuzul turunnya surah Al Hasyr.

itulah firasat yang diturunkan Allah SWT kepada orang - orang yang beriman, sebuah ketajaman perasaan untuk membuka kemunafikan orang - orang disekeliling, walaupun secara tampilan mereka tersenyum di depan kita.

Dalam kehidupan sehari - hari, betapa banyak peristiwa memilukan yang kita alami, seseorang yang selama ini kita percaya, kita cintai, kita bela, dan kita berikan perlindungan, tetapi begitu tega mengkhianati kita dengan merencanakan sesuatu yang tanpa kita ketahui, untuk memberikan kemudharatan kepada kita.

Dan sesungguhnya Allah Maha Besar,ketika kita dekat dengan-Nya, Allah SWT akan senantiasa melindungi kita, dan menunjukkan kepada kita selubung yang selama ini ditutupi.

Tidak ada komentar:


ShoutMix chat widget